Oleh: myst | Februari 14, 2008

Megenai Tanawangko

Tanawangko adalah kota kecamatan Tombariri terletak sebelah barat  kira2 20 km dari kota Manado melalui Malalayang menyusur pantai yang jalannya berliku-liku  dan cukup berbahaya sebab menyusur jurang. Namun jalan ini tak pernah sepi selama 24 jam karena daerah ini banyak terdapat hotel2, resort, tempat rekreasi dan juga jalan ini adalah merupakan Trans Sulawesi. Salahsatu tempat rekreasi adalah Tasik Ria ( 2 km dari Tanawangko ) dimana terdapat pantai yang indah yang dulunya kita sebut Elu’, disini juga terdapat hotel Manado Beach dan juga resort dan bungalow2 dgn fasilitas kolam renang, penyelaman, dll.

Tanawangko sendiri terletak di tepi pantai di delta yang sempit sehingga dari laut kelihatan sangat indah karena latar belakang oleh bukit2. Tanawangko terdiri dari 4 desa yaitu Tambala, Sarani, Borgo, dan Ranowangko dengan jumlah penduduk 15000 jiwa dengan mata pencarian utama adalah petani dan nelayan.

Sebagai kota kecamatan dari kececamatan Tombariri banyak orang yang sering salah dengan meyebut kecamatan Tanawangko sebab memang nama ini sudah lama dan lebih dulu popular dari Tombariri karena sejak 1800 sudah berdiri sekolah guru dan juga koran pertama di Minahasa.Dan juga sebagai pusat perdangangan dari kecamatan Tombariri karena adanya pasar.Adapun Tombariri terdiri dari 12 desa ( Tambala, Borgo, Ranowangko, Sarani, Senduk, Kumu, Teling, Poopoh, Ranotongkor, Lolah, Lemoh, Mokupa ).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Kategori

Iklan
%d blogger menyukai ini: